Sudahkah Kamu Bijak Dengan Penghasilan Setiap Bulan?

7b

Senang rasanya bila dedikasi kita dengan perusahaan dihargai, tidak hanya di apresiasi secara emosional namun dengan bentuk fisik uang atau lebih dikenal dengan sebutan gaji bulanan. Salah satu alasan utama orang bekerja karena ingin mendapatkan penghasilan tetap setiap bulan. Gaji yang didapat setiap karyawan akan menambah semangat dalam hal pekerjaan, sehingga pekerja termotivasi untuk bekerja dengan baik agar dikemudian hari jika beruntung mendapatkan kenaikan gaji.

Namun kenyataan yang banyak didengar saat ini adalah para pekerja sering mengeluhkan soal gaji yang diterima, masih di rasa kurang saja. Dihitung dari harga kebutuhan hidup yang tidak pernah turun, ongkos perjalanan yang tidak sedikit, kewajiban membiayai keluarga, belum lagi harus melunasi cicilan sana sini, hal – hal tersebut terkadang sangat memberatkan pekerja. Jika Anda tinggal di kota metropolitan, pastinya gaya hidup cukup juga menjadi salah satu indikator terkurasnya uang gaji Anda. Alih – alih butuh refreshing atau hiburan dengan bersantai di café, Anda tak sungkan mengeluarkan beberapa sebagian dari gaji Anda hanya demi segelas kopi hangat.

Bijaklah dalam mengatur gaji anda, tanamkan rasa syukur mendalam kepadaNya atas rezeki yang diberikan. Selalu ingat bahwa rezeki semua sudah diatur. Maka jangan pernah merasa bahwa gaji Anda selalu kurang ataupun jangan menghamburkan – hamburkan hasil kerja keras Anda. Banyak berbagi dengan sesama yang membutuhkan, akan menimbulkan rasa syukur, bahwa masih banyak golongan masyarakat yang ingin berada di posisi Anda sekarang, dimana setiap bulan sudah mendapatkan kepastian penghasilan.

Setelah bersyukur, hal yang perlu diperhatikan adalah selalu meng-evaluasi diri setiap menerima gaji. Apakah cash flow diri Anda tidak seimbang? Jika ya, sebaiknya ubah cara hidup Anda. Hindarkan diri dari tawaran cicilan yang menggiurkan terutama dari kartu kredit, karena bunga yang diberikan akan cukup mencekik dompet Anda. Jangan sampai Anda harus berhutang pada rekan kerja Anda, hal tersebut akan merugikan nama Anda di dunia kerja. Lihat kembali kemampuan kita dalam berbelanja, apakah Anda dapat melunasi cicilan tersebut ke depannya? Dan apakah masih banyak kebutuhan yang lebih penting?

Jika kita mampu membayar cicilan tertentu, sebaiknya menyicil untuk barang produktif yang memiliki nilai jual, seperti barang elektronik dan kendaraan. Maka Anda akan memiliki asset berharga dikemudian hari. Bicara soal asset, takkan jauh dari investasi. Investasikan sebagian gaji Anda ke beberapa pilihan yang aman, seperti emas ataupun menabung di tabungan berjangka. Dari asset Investasi tersebut, Anda dapat menikmati hasil jerit payah selama bekerja dalam bentuk barang yang bernilai. Atau jika gaji Anda mencukupi, Investasi dalam bentuk properti cukup menjanjikan. Investasi berupa saham tentu saja boleh, namun tidak dianjurkan bagi Anda yang belum memiliki banyak asset berharga dan belum bisa menerima resiko besar, karena naik turun angka saham sangat tidak menentu.

Mengingat Anda tidak hanya hidup di masa kini, ingatlah untuk menabung demi masa depan. Walaupun jumlah yang ditabung sedikit, akan membuahkan hasil yang diinginkan jika selalu sabar dan rajin menabung. Paksakan diri Anda untuk tidak membeli kebutuhan yang kurang perlu. Alokasikanlah sebagian gaji untuk menabung. Jangan lupa untuk memiliki proteksi diri seperti asuransi atau bentuk bantuan kesehatan lainnya. Mungkin dari gaji yang Anda dapat, jika dikumpulkan dengan bijak, akan menghasilkan sesuatu yang berguna di kemudian hari, seperti punya rumah pribadi, kendaraan, ataupun wisata religi, so be wise for your income.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s