Ayo Buat CV Kamu Lebih Menarik

CV1

Pada saat ini jumlah pencari kerja di Indonesia kian hari kian bertambah saja. Dari sekian banyaknya jobseeker atau pencari kerja, tentunya tidak semuanya beruntung mendapatkan pekerjaan dengan cepat, dan akibat dari persaingan kerja yang ketat ini jumlah angka pengangguran terus meningkat setiap tahunnya. Hal ini terlihat dari data yang dilansir oleh BPS (Badan Pusat Statistik), dimana angka pengangguran pada tahun 2014 tercatat sebanyak  7,15 juta orang. Namun, angka tersebut sudah sedikit menurun jika dibandingkan dengan tahun 2013, yaitu sekitar 50.000 orang. Dari data tersebut dapat terlihat dengan sangat jelas bahwa jumlah pengangguran di Indonesia berkurang meskipun belum terlalu signifikan jumlahnya.

Menganggur memang bukan hal yang menyenangkan. Impian sejak masih mengenyam pendidikan hingga lulus, seperti memiliki properti maupun kendaraan sendiri, baru akan terwujud apabila kita memiliki pekerjaan. Selain itu, bekerja juga akan membuat kita merasa berguna untuk banyak orang, sehingga menimbulkan kepuasan batin tersendiri.

Lalu, bagaimana cara agar kita bisa mmemiliki kesempatan yang lebih besar untuk mendapatkan pekerjaan? Selain mempertajam soft skill, memperbaiki CV atau resume Kamu juga merupakan cara yang jitu.

CV atau Curriculum Vitae, adalah sebuah ringkasan riwayat hidup seseorang –Dalam bahasa Latin dapat disebut juga sebagai “perjalanan hidup saya”. Umumnya, CV  menceritakan tentang latar belakang kehidupan Kamu sebagai pelamar kerja yang diberikan kepada HRD perusahaan. Namun bukan berarti Anda dapat dengan mudah membuat CV, ada tata cara menulis CV yang baik dan benar, seperti harus jelas dan tidak berbelit-belit –Jangan terlalu banyak memberi informasi yang kurang penting ke dalam CV.

Perlu diingat, bahwa CV adalah “kendaraan”, atau media bagi kita untuk mengajukan lamaran ke perusahaan yang kita inginkan. Maka sebaiknya CV yang Kamu buat, harus memiliki daya tarik tersendiri agar menjadi perhatian perusahaan, dibandingkan jobseeker atau pencari kerja lainnya. Cobalah memulai mencari referensi CV yang terlihat clean, segar, dan unik.

Berikut ini ada beberapa tips seputar karir tentang bagaimana membuat CV yang menarik agar terpilih untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan yang kita inginkan;

 

  1. Meneliti kriteria & kualifikasi yang diajukan perusahaan

Sebelum melamar atau apply CV kepada perusahaan tertentu, sebaiknya Kamu meneliti atau me-research terlebih dahulu, kira-kira kriteria apa saja yang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut. Apakah sesuai dengan kemampuan, latar belakang pendidikan, serta personality kamu? Jika memang sesuai, cari kesamaan antara riwayat hidup kamu dengan kualifikasi dari perusahaan tersebut. Berikan juga application letter (surat lamaran kerja) mengenai sebab ketertarikan Kamu bekerja di perusahaan tersebut.

 

  1. Singkat, padat dan jelas

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, Kamu harus menyaring terlebih dulu informasi apa yang perlu ditulis dalam CV. Ketika suatu perusahaan membuka info lowongan melalui internet ataupun media cetak, tentunya akan menyedot puluhan bahkan ratusan pencari kerja untuk melamar –Bayangkan berapa banyak CV yang masuk ke dalam email HRD setiap harinya? Tentu jumlahnya akan membludak. Hanya CV dengan informasi jelas-lah yang akan di follow up ke User (pihak yang membutuhkan tenaga kerja baru). Sebaiknya berikan informasi tentang prestasi dan pencapaian Kamu selama lima tahun terakhir, yang berkaitan dengan pekerjaan –Sebaiknya tidak melebihi empat paragraf.

 

  1. Menggunakan bahasa Inggris

Kemampuan berbahasa Inggris saat ini sudah sangat dibutuhkan dibanyak perusahaan. Namun banyak dari kita yang kemampuan bahasa Inggris-nya masih dibawah rata-rata. Mulailah untuk melatih kemampuan bahasa Inggris Kamu sebaik mungkin, dan buat CV serta Application Letter Kamu menjadi lebih outsanding dengan menggunakan Bahasa Inggris, karena ini akan menjadi nilai plus bagi perusahaan.

 

  1. Menyertakan bukti surat referensi kerja serta ijazah

Sertakan copy ijazah atau transkrip nilai pendidikan terakhir Kamu sebagai bukti bahwa Kamu terdaftar di Institusi pendidikan tersebut. Jika Kamu pernah melakukan test TOEFL atau mengikuti kursus serta seminar tertentu, yang berkaitan dengan soft skill dan pekerjaan, sebaiknya sertakan juga bukti sertifikat keikutsertaan Kamu. Juga bagi Kamu yang memiliki pengalaman kerja, jangan lupa untuk mencantumkan achievement apa saja yang sudah Kamu lakukan sebelumnya. Lampirkan hasil pekerjaanmu di tempat sebelumnya yang menurut Kamu paling berkesan dalam bentuk portfolio.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s