Izin Tidak Masuk? Bagaimana Sebaiknya?

Tentunya kita sebagai manusia biasa mempunyai kendala-kendala yang terkadang tidak kita harapkan kedatangannya, terlebih kendala dalam berkarier, dan kendala tersebut bisa berupa apa saja.

Di dunia pekerjaan, kendala tersebut cukup menjadi hambatan untuk sebuah perusahaan, karena kamu sudah diberi kepercayaan untuk menjalankan roda ekonomi perusahaan dengan keahlian yang kamu miliki, lalu, bagaimana sebaiknya jika kamu mendapati kendala seperti sakit atau izin yang lainnya?

Informasikan Dengan Jelas, beritahukan kepada HRD atau pimpinan kamu jika kamu tidak bisa mengikuti aktifitas kantor seperti biasanya, hubungi orang-orang yang bertugas untuk mengontrol absen dalam perusahaan, jelaskan kepada mereka dan pimpinan kamu alasan mengapa kamu tidak bisa mengikuti rutinitas kantor.

Selain menghubungi mereka, kamu juga bisa mengirim email kepada HRD atau pimpinan kamu, jelaskan secara detail alasan kamu tidak masuk kerja, jangan gunakan kalimat yang membuat mereka menebak-nebak karena apa kamu tidak bisa masuk kantor.

Jelaskan juga kepada perusahaan kapan kamu bisa mulai kembali beraktifitas, dan setelah kamu masuk kerja kembali, siapkan surat-surat yang mendukung alasan kamu tidak bisa bekerja, semisal surat dari dokter jika kamu sakit atau bukti-bukti lainnya yang dapat memperkuat alasan kamu.

Jangan pernah tidak masuk kantor tanpa ada berita sedikitpun kepada perusahaan, kamu akan mendapat nilai jelek dan tidak disiplin jika melakukannya, tidak ada salahnya kamu memberitahukan kepada kantor kamu jika berhalangan datang dan bekerja, mereka akan mengerti asalkan alasan yang kamu berikan masuk akal dan jelas.

Tentu saja ada efek dari kebijakan perusahaan jika kamu mengalami hambatan dalam bekerja di kantor, kebijakan tersebut beragam dari setiap perusahaan, jika izin kamu lebih dari 3 hari biasanya mereka akan memotong cuti kamu, atau ada perusajaan yang tidak akan memotong cuti.

Komunikasikan dengan jelas dan tidak terkesan berbelit-belit dalam menyampaikan informasi tidak kehadiran kamu dalam beraktifitas di kantor, hargai posisi HRD dan pimpinan kamu yang sudah menerima kamu bekerja di perusahaan mereka.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s