Pekerjaan Sampingan di Hari Valentine

Hari kasih sayang atau lebih dikenal dengan hari Valentine, yang dirayakan pada setiap tanggal 14 Februari ini selalu diselimuti dengan nuansa merah muda nan romantis. Jika melihat ke beberapa pusat keramaian di kota-kota besar, akan terlihat berbagai macam atribut berbau valentine, mulai dari rangkaian bunga mawar, beragam hiasan berbentuk hati sampai hidangan coklat yang dianggap memiliki sisi romantis bagi banyak orang. Walaupun di negeri ini hari valentine masih sering dianggap kontroversial untuk beberapa kalangan, namun tetap saja barang-barang yang berkaitan dengan valentine banyak diburu oleh pasangan-pasangan yang merayakannya.

Bagi Kamu yang ingin memiliki penghasilan tambahan dari usaha rumahan, di hari valentine ini adalah ajang yang pas untuk mencoba beberapa ide sederhana sebagai pekerjaan sampingan, yang bisa menjadi pemasukan tambahan, selain juga untuk memeriahkan momen valentine itu sendiri. Salah satu contoh adalah menjual bunga mawar –Yang biasanya penjualan bungan mawar akan meningkat tajam dari biasanya.

Berikut ini adalah beberapa pekerjaan sampingan yang bisa Kamu jadikan sebagai sumber penghasilan tambahan di momen valentine;

  1. Berjualan Cokelat

valentines-chocolate-001Cokelat adalah makanan penutup dengan rasa yang cenderung manis dan disukai oleh semua kalangan, dari anak-anak hingga dewasa. Banyak generasi muda yang mengungkapkan rasa sayang kepada pasangan maupun sahabatnya dengan memberikan sebuah cokelat. Kamu dapat mencoba membuatnya sendiri di rumah. Resep membuat cokelat saat ini sudah banyak beredar di berbagai media. Cara membuat dan mendapatkan bahannya pun cukup mudah. Perkiraan modal yang perlu dikeluarkan dari Rp 500.000 hingga Rp 2.750.000. Buatlah dengan bentuk cokelat yang menarik seperti hati, cupid, atau apapun yang berkaitan dengan Valentine. Akan lebih menarik jika dibuatkan variasi rasa dari ciri khas Kamu sendiri.

 

  1. Membuat Kartu Ucapan (Greetings Card)

greetings cardSelain cokelat, sebuah kartu ucapan Valentine juga dapat mewakili perasaan seseorang yang sedang ingin mengungkapkan rasa sayangnya. Untuk bisnis ini memang memerlukan skill tersendiri, dimana Kamu harus memiliki kemampuan mendesain atau menggambar. Jika Kamu memiliki bakat untuk membuat karya tulis seperti puisi, kata mutiara, dan semacamnya namun tidak mempunyai kemampuan desain yang mumpuni, Kamu dapat meminta bantuan kerabat atau saudara yang memiliki keahlian tersebut, dan berkolaborasi bersama untuk membuat kartu ucapan kasih sayang. Untuk percobaan, sebaiknya menggunakan jenis kertas dengan kualitas menengah, agar modal yang dikeluarkan tidak terlampau banyak. Buat pola cuttingan semenarik mungkin. Selain dalam bentuk kartu, bisa juga di aplikasikan ke dalam sebuah kanvas ataupun poster dalam bingkai (frame).

 

  1. Membuat pernak pernik atau Merchandise Valentine

valentine merchandisePerayaan hari valentine tidak pernah lepas dari segala atribut dan pernak pernik bernuansa cinta, untuk meramaikan momen hari kasih sayang. Bagi Kamu yang tertarik untuk berbisnis pembuatan pernak pernik, terutama untuk peryaan valentine, dibutuhkan daya kreativitas yang tinggi. Kamu dapat mengasahnya dengan melihat beberapa referensi dari berbagai media seperti Internet, televisi, majalah, dan mencoba membuatnya sendiri di rumah. Kamu bisa membuat beberapa ide atribut Valentine yang sederhana namun memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri,  seperti gelang pasangan, gantungan kunci pasangan, t-shirt pasangan atau pernak pernik berbahan clay (tepung roti) berbentuk sepasang kekasih.

 

  1. Menjual perhiasan & aksesoris

valentine accessoriesBanyak yang memanfaatkan momen kasih sayang ini sebagai ajang untuk melamar pasangan, atau hanya untuk sekedar menunjukan tanda keseriusan dari hubungan yang sedang dijalani. Pada umumnya, momen-momen seperti ini sering kali dilakukan dengan pemberian perhiasan atau aksesoris, seperti cincin, kalung dan gelang. Bagi Kamu yang ingin berkecimpung di bisnis ini, Kamu bias mencari  kenalan atau koneksi dengan pengusaha perhiasan atau aksesoris untuk diajak bekerja sama. Kamu dapat memanfaatkannya dengan menjual barang-barang tersebut ke keluarga dan kerabat terdekat yang ingin merayakan valentine –Yang tentunya dengan budget yang disesuaikan. Perhiasan dan aksesoris yang Kamu jual pun tidak perlu terbuat dari emas atau berlian, Anda dapat memilih jenis perhiasan yang terjangkau seperti silver atau perak, sehingga modal yang Anda keluarkan tidak terlampau besar.

 

  1. Situs Pencarian Jodoh

online dateUntuk kalangan yang belum mendapatkan pasangan, hari valentine dianggap sebagai “musuh”, karena banyak dari kalangan tersebut yang berharap dapat menghabiskan waktu valentine dengan pasangan idaman. Buat Kamu yang berkecimpung di dunia teknologi dan informatika, Kamu bisa mencoba membuat sebuah situs untuk membantu orang mencari pasangan. Untuk pekerjaan yang satu ini memang dibutuhkan persiapan yang matang, jauh sebelum hari valentine tiba –Agar dapat menjaring banyak orang.  Cobalah dengan membuat domain sederhana dengan target orang-orang di lingkungan terdekat, seperti teman kantor maupun teman masa sekolah. Jika banyak yang berhasil menemukan jodoh dari situs yang Kamu buat, maka pekerjaan sampingan Kamu ini akan berkembang dengan sendirinya.

 

Selamat mencoba!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s