Pengaruh Feng Shui Dalam Tata Letak Ruang Kerja

feng shui

Pengaruh Feng Shui Dalam Tata Letak Ruang Kerja – Feng Shui adalah sebuah kepercayaan dari budaya China yang ternyata masih dipegang teguh dan dipercaya oleh sebagian besar lapisan masyarakat. Kepercayaan ini sudah dikenal sejak 3500 tahun yang lalu namun sejak tahun 1960, budaya ini semakin menyebar secara kuat di seluruh penjuru dunia. Feng Shui menitikberatkan pada kepercayaan akan adanya hal-hal yang baik apabila kita berhasil mengharmonisasikan beberapa elemen dalam penataan di sekitar ruangan. Secara arsitektural, perpaduan elemen bumi, api, air, dan tanah, semuanya memiliki pola dan tata letaknya tersendiri untuk membawa pancaran aura yang positif. Tak hanya itu saja, elemen lain yang juga dipercaya ikut memiliki andil besar yaitu arah mata angin, mata air, hingga gugusan bintang.

Dalam penerapannya, ternyata pola Feng Shui juga bisa mempengaruhi aura kinerja di dalam sebuah perusahaan. Baik itu melalui cara pengaturan letak gedung, maupun tata letak desain interior sebuah ruangan, semuanya bisa saja berkaitan. Seperti yang kita semua tahu bahwa ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan saat bekerja, salah satunya adalah meja kerja. Tak hanya penting untuk rasa kenyamanan dan keamanan, Feng Shui yang baik dapat membawa aura semangat dan positif ke dalam bilik kerja seseorang. Coba Anda perhatikan suasana meja kerja atau ruangan yang Anda tempati saat ini. Mungkin saja ada yang perlu di’harmonisasikan’ atau diatur sedemikian rupa agar memberi aura positif saat bekerja.

 

Berikut ini adalah beberapa ulasan singkat mengenai tips Feng Shui dalam mengatur tata letak ruang kerja untuk meningkatkan semangat dan kinerja Anda.

 

  • Rak Buku

Hindari untuk duduk membelakangi rak buku tanpa pintu. Rak buku yang terbuka diyakini memiliki kemampuan untuk menarik semua ‘chi‘ atau energi kreatif yang Anda miliki. Jika terlanjur memiliki tempat duduk seperti ini, ubah posisi duduk Anda atau ganti rak buku tersebut dengan lemari tertutup.

 

  • Meja Kerja

Penempatan meja kerja juga berperan dalam pancaran energi. Letakkan meja kerja Anda dalam posisi yang ideal, yaitu posisi yang dapat melihat ke segala arah, baik itu pintu masuk maupun rute hilir mudiknya para rekan-rekan kerja. Jika Anda terlanjur berada di posisi yang membelakangi pintu masuk, maka bisa diatasi dengan meletakkan cermin di meja atau di sudut atas komputer Anda. Hal ini akan memudahkan Anda untuk melihat aktivitas yang terjadi di belakang Anda.

 

  • Pemilihan Warna

Mata adalah jendela hati. Hal tersebut berlaku dalam unsur apapun, termasuk juga dalam Feng Shui. Pilihlah warna yang mampu memberikan energi terbaik dalam diri Anda. Tak perlu selalu mengikuti tren yang ada atau meniru dari desain yang Anda saksikan di televisi. Warna yang mampu menenangkan pikiran, misalnya biru laut, ungu muda yang lembut, atau hijau daun adalah beberapa alternatif untuk Anda. Selain mampu memberikan kekuatan mental, warna tersebut juga memberi efek tenang sehingga mempengaruhi kesehatan Anda.

 

  • Hiasan

Dekorasi minimalis seringkali diperkuat dengan berbagai hiasan yang ada. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memilih hiasan yang tepat dan tidak berlebihan. Pigura dengan foto-foto orang kesayangan Anda bisa saja Anda letakkan di sisi kanan meja Anda, untuk mengingatkan kepada diri sendiri ketika tengah dirasa lelah bahwa demi mereka lah Anda bekerja keras. Letakkan juga hiasan air terjun mini di sisi ruangan untuk memberikan suara yang menenangkan dan juga melancarkan konsentrasi Anda.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s