Kiat Bekerja di BUMN

Kiat-Bekerja-Di-BUMN

Bekerja di BUMN, atau Badan Usaha Milik Negara bagi sebagian orang memiliki prestis tersendiri, mengingat di negeri ini bekerja di sebuah institusi pemerintahan memang bukanlah hal yang mudah. Untuk bisa bekerja di institusi pemerintahan diperlukan skill atau kemampuan di atas rata-rata, dan belum lagi harus melalui banyak proses tes yang harus dijalani. Bekerja di BUMN juga dikenal sebagai tempat kerja yang banyak memberikan fasilitas serta akses yang menjanjikan hingga masa tua, seperti asuransi kesehatan dan layanan kesehatan untuk karyawan beserta anggota keluarganya, juga pesangon saat hari tua, asuransi jiwa dan kecelakaan, fasilitas rumah dinas atau kompensasi rumah sewa, dan lain sebagainya. Bahkan untuk karyawan terpilih dapat melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi melalui program beasiswa dari perusahaan BUMN. Maka tidak heran jika setiap tahunnya lowongan kerja di BUMN selalu disesaki para pelamar kerja.

BUMN merupakan perusahaan atau organisasi milik pemerintah yang mempunyai tugas mengatur dan mengelola sumber-sumber daya yang memberikan keuntungan ekonomis terbesar bagi negara –Karena dimiliki oleh pemerintahan, maka hanya orang terpilih yang bisa tersaring karena seleksi yang diadakan oleh BUMN memang cukup ketat. Ada banyak prosedur yang harus dijalani, seperti tes kesehatan, pengetahuan umum, sampai dengan beberapa macam tes kejiwaan atau psikotest (Draw A man test, logika aritmatika, EPPS, Anonim dan Sinonim, dan lain sebagainya). Bagi Anda yang tertarik bekerja di perusahaan BUMN ternama seperti Pertamina, Aneka Tambang, Telkom, Bank BRI, Bank Mandiri, dan BUMN lainnya, Anda harus mempersiapkan diri sebaik mungkin. Anda harus belajar sebanyak mungkin sebelum mengikuti tes masuk BUMN, yang mana Anda bisa mempersiapkan diri melalui beberapa lembaga pendidikan yang menyediakan kursus khusus untuk mempersiapkan diri mengikuti tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Jika Anda berhasil melalui proses perekrutannya, jangan kaget bila pada masa awal bekerja, Anda akan ditempatkan di posisi yang bukan sesuai dengan keinginan yang Anda inginkan. Tes yang telah dilalui, utamanya psikotest, akan menunjukan posisi atau bidang yang cocok dengan kemampuan Anda – Dari situlah perusahaan akan menempatkan diri Anda. Selain posisi, lokasi penempatan kerja pun belum tentu sesuai dengan harapan, yang mana biasanya tiap orang yang melamar sebagai pegawai BUMN berharap bisa ditempatkan di daerah domisilinya. Bisa saja Anda ditugaskan jauh dari tempat Anda berasal, bahkan tidak jarang beberapa haris mau ditempatkan di luar negeri. Jika Anda suka berpetualang dan mengenal tempat baru, maka Anda akan merasa tertantang jika harus ditempatkan di daerah yang baru. Namun pikirkanlah kembali jika Anda termasuk orang yang sulit meninggalkan atau berjauhan dari keluarga atau kerabat.

Selain itu, jika bekerja di BUMN, maka kesan formal dan kaku akan Anda rasakan. Hirarki atau struktur jabatan di perusahaan BUMN akan lebih terasa jelas. Petinggi dan bawahan biasanya memiliki gap tersendiri. Sehingga kekerabatan Anda dengan team akan lebih terjalin dibandingkan dengan atasan karena atasan Anda tidak akan terlalu terlibat langsung dalam lingkup kerja keseharian para bawahannya.

Anda juga akan mendapatkan rekan dari beberapa daerah lain karena kita tidak bisa menentukan daerah mana yang kita inginkan, maka rekan yang kita temui-pun akan beragam.

Jika Anda termasuk orang yang ingin memiliki lebih banyak tantangan dan ritme kerja yang dinamis, maka bekerja di perusahaan swasta adalah pilihan yang lebih baik ketimbang bekerja di BUMN. Bekerja di institusi pemerintahan lebih cocok bagi Anda yang menyukai ritme kerja yang konstan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s