Beberapa Hal Menarik Seputar Profesi Arsitek

arsitek

Ketika melakukan traveling ke luar kota atau ke luar negeri, cukup banyak kita menemukan bangunan-bangunan dengan arsitektur yang megah dan juga mencengangkan. Baik itu dari pemilihan warnanya, ataupun desain interiornya. Kekaguman akan seni yang ditemukan dari dalam seluk beluk bangunan bisa saja membangunkan naluri Anda untuk berpikir, “Bagaimana kalau saya menjadi arsitek saja?”. Ya, menjadi seorang arsitek memang tak ubahnya seorang seniman, mengingat ruang kerjanya yang cukup berkaitan erat dengan ruang lingkup seniman lukis, pahat, dan semacamnya.

 

Namun sebelum Anda melangkah lebih jauh karena naluri yang impulsif, mungkin ada baiknya jika Anda juga menelaah terlebih dahulu tentang profesi arsitek ini. Alasan apa yang melatarbelakangi seseorang memilih untuk menekuni karir sebagai seorang arsitek, dan mengapa pekerjaan ini menjadi salah satu pilihan karir yang cukup menarik dan menjanjikan.

 

Beberapa hal menarik seputar profesi arsitek yang telah kami kurasi untuk menjadi bahan pertimbangan Anda;

  • Rasa Hormat

Tidak bisa dipungkiri bahwa banyak orang yang menaruh rasa hormat dan kekaguman tersendiri kepada arsitek. Kepiawaian para arstiek dalam menciptakan ruang serta memberikan nuansa tertentu di dalamnya dapat membuat orang berdecak kagum. Siapa yang tidak ingin mendapatkan kehormatan, serta dikagumi oleh banyak orang? Terlebih lagi jika sudah memiliki nama besar dari hasil karyanya, yang nyatanya mampu membuat banyak khalayak terperanjat kagum atas hasil desain yang telah dihasilkan, tentu menyenangkan bukan?

 

  • Tidak Monoton

Setiap bangunan dan setiap ruangan yang perlu didesain akan menjadi sebuah kanvas putih kosong dan menunggu untuk dilukis. Akan ada tantangan-tantangan baru yang berbeda dalam setiap proyek. Penggunaan bahan, model desain dan nuansa yang diciptakan juga akan berbeda-beda. Rasanya seperti terus memompa diri untuk terus belajar agar tidak ketinggalan dengan perkembangan yang terjadi di dalam bidang arsitektur dan desain.

 

  • Ekspresi Diri

Memiliki “lahan” yang luas untuk di-desain dan didekor, tentu terkadang menjadi kesempatan yang bagus untuk menuangkan sisi idealis dari diri sendiri. Jika Anda menyukai desain arsitektur yang minimalis namun bergaya futuristik misalnya, tentunya Anda akan memberikan hasil yang terbaik ketika mendapatan pekerjaan untuk men-desain bangunan dengan tema tersebut –Yang pastinya akan menjadi sebuah kesenangan untuk menaruh sedikit banyak ekspresi diri Anda ke dalam desain yang Anda ciptakan.

 

  • Pemimpin Tunggal

Seorang arsitek dapat memimpin proses pengerjaaan dan penyelesaian setiap proyek yang diberikan, dimana kemudian Anda dapat mengimplementasikan ide yang Anda punya ke dalam sebuah konsep arsitektur dan desain dari sebuah bangunan. Mungkin tidak semua sepenuhnya bekerja sendirian, pada saat proses pembangunan, Anda akan membutuhkan tenaga bantuan yang bisa didapatkan melalui pekerja lepas. Setiap keputusan, perubahan desain dan pemilihan bahan merupakan keputusan dari sang arsiteknya sendiri. Bayangkan seberapa besar ego yang dapat dipuaskan dengan menjadi seorang arsitek?

 

  • Karir Luas

Ketika Anda sudah menyelesaikan jenjang pendidikan dan telah mendapatkan gelar Insinyur, ada begitu banyak pilihan pekerjaan menanti, yang bisa Anda pilih. Mulai dari merancang gedung sekolah, gedung mall atau pusat perbelanjaan, gedung perkantoran, rumah sakit, hingga merancang tata letak kota. Pilihan karir yang luas dan berjangka panjang ini menjadi salah satu keunggulan dari profesi arsitek. Seiring dengan evolusi manusia, maka desain pun akan terus berevolusi, dan arsitek selalu menjadi bagian di dalamnya. Kini, Anda sudah menemukan alasan tambahan lainnya?

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s