Berkarir di Bidang Meteorologi & Geofisika

Jika Anda gemar menonton film-film dengan nuansa meteorologi dan geofisika yang menarik seperti Armageddon atau Gravity, mungkin pernah terlintas beberapa pertanyaan di benak Anda. “Bagaimana yah rasanya jika berkarir sebagai astronot?” atau “Sepertinya seru juga jika meneliti tentang bintang dan jajaran planet.” dan berbagai deretan imajinasi tentang meteorologi lainya. Sembari menyambut Hari Meteorologi Dunia, tanggal 23 Maret 2015 ini, tidak ada salahnya jika kita mengulas berbagai pekerjaan dan pilihan karir yang tersedia di bidang ini.

meteorologist

Berhadapan dengan udara, iklim, dan unsur-unsur kandungan tanah, baik yang berada di luar maupun di dalam permukaan bumi memang nampak menarik dan menantang. Pada umumnya mereka yang memiliki latar belakang pendidikan di bidang metorologi bekerja di bidang agrikultur atau pertanian, serta site engineer di industri minyak & gas bumi. Jika Anda memiliki minat di bidang tersebut, tidak ada salahnya untuk mengenali pekerjaan apa saja yang dapat dijadikan sebagai pilihan karir di bidang meteorologi klimatologi dan geofisika, serta juga peranannya bagi kehidupan manusia di bumi.

 
 
Beberapa Pekerjaan Yang Dapat Dijadikan Pilihan Karir di Bidang Meteorologi & Geofosika;

  • Observer & Forecaster

Dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai pengamat dan prakirawan. Pekerjaan sebagai pengamat dan prakirawan ini memiliki tugas untuk mengamati kondisi atmosfer bumi, yang mana hal tersebut memiliki pengaruh terhadap pergerakan cuaca, baik itu dalam jangka pendek, menengah, maupun panjang. Stasiun pengamatan untuk meteorologi dan klimatologi tersebar meluas di berbagai belahan dunia.

 

  • Geophysicist

Geophysicist atau Geofisikawan, memiliki cakupan pekerjaan untuk mengamati inti bumi, terutama mengenai pergeseran lempengan bumi serta mencari prekursor (zat) yang muncul dari setiap pergerakan inti bumi, maupun dari kejadian atau fenomana alam, seperti gempa bumi.

 

  • Radar Meteorologist

Mengamati pergerakan radar dan perubahan arah awan secara kontinyu adalah salah satu tugas dari pengembang titel ini.

 

  • Agrometeorologist

Pekerjaan ini secara dominan melingkupi pengamatan interaksi cuaca yang terjadi antara meteorologi dan faktor kadar air yang dapat berdampak bagi kehidupan, terutama dampaknya terhadap agrikultur atau pertanian.

 

  • Broadcast Meteorologist

Memiliki perpanjangan tugas serupa dengan observer & forecaster. Secara garis besar pekerjaan ini tidak jauh berbeda dengan seorang pengamat dan prakirawan, hanya saja seorang broadcast meteorologist melakukan pengamatan secara lebih mendetil.

 

  • Climatological Professional

Seorang profesional klimatolog mengemban peranan penting di bidang meteorologi. Mereka ini diharuskan memiliki kompetensi untuk menganalisa dan memonitor seluruh kondisi iklim dan parameter klimatologi. Perannya pun memberikan wewenang untuk mengeluarkan peringatan dini terkait fenomena dan kejadian yang disebabkan oleh dampak iklim.

 

  • Atmospheric Chemist

Pemegang posisi ini memiliki tanggung jawab untuk memonitor kualitas udara. Pekerjaan ini boleh dibilang cukup penting, mengingat adanya zat ataupun unsur kimia yang berterbangan di luar sana yang dapat mempengaruhi perubahan iklim.

 

  • Hydrologist, Hydrometeorologist, Hydrographer

Kehadiran posisi ini akan membantu keperluan dalam memonitor sumber daya air dalam jangkauan nasional di tiap negara. Di Indonesia sendiri, pekerjaan di bidang hidrologi merupakan mandat langsung dari Kementerian Pekerjaan Umum.

 
 

Demikian adalah beberapa pekerjaan yang berkaitan dengan bidang meteorologi dan geofisika. Jika Anda merasa berminat dan tertarik untuk mempelajarinya, tentu dibutuhkan pendidikan dan pelatihan yang mendalam. Anda juga dapat memperdalam pengetahuan di bidang meteorologi dengan mengikuti pelatihan Basic Instruction Package for Meteorologists, yaitu sebuah pelatihan untuk setiap personil yang akan terjun ke bidang ini. Siapa tahu, Anda adalah salah satu orang yang bisa membawa nama Indonesia ke jajaran tinggi meteorologi global.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s