Cara Sederhana Menjaga Lingkungan Kerja

hari linngkungan hidup

Tanggal 5 Juni kemarin diperingati sebagai hari lingkungan Internasional, yaitu hari dimana kita semua diingatkan kembali bahwa menjaga lingkungan agar tetap sehat merupakan suatu keharusan. Bagi kita, yang notabene-nya hidup di tengah kota besar, sangat jarang rasanya kita bisa menghirup udara segar dan melihat hijaunya pepohonan. Pesatnya jumlah penduduk serta pertumbuhan kebutuhan hidup yang semakin bergam membuat sebagian besar orang melupakan kelestarian lingkungan.

Mengutip dari Menteri Pekerjaan Umum (PU), Djoko Kirmanto, bahwa kondisi lingkungan Indonesia saat ini masih memprihatinkan. Banyaknya penggundulan hutan di daerah sekitar tangkapan air dan praktek pengolahan tanah yang menyalahi kaidah. Hal ini juga ditambah dengan fakta-fakta lain, seperti (sumber : http://alamendah.org):

  • 30% dari 2,5 juta hektar terumbu karang di Indonesia mengalami kerusakan. Kerusakan terumbu karang meningkatkan resiko bencana terhadap daerah pesisir, mengancam keanekaragaman hayati laut, dan menurunkan produksi perikanan laut.
  • Tingginya pencemaran udara, air, tanah, dan ekosistem laut di Indonesia. Bahkan pada tahun 2010, Sungai Citarum pernah dinobatkan sebagai sungai paling tercemar di dunia oleh situs huffingtonpost.com.
  • Ratusan tumbuhan dan hewan Indonesia langka dan terancam punah. Menurut catatan IUCN Redlist, sebanyak 76 spesies hewan Indonesia dan 127 tumbuhan berada dalam status keterancaman tertinggi, Critically Endangered (Kritis).

 

Begitu juga dengan kita, sebagai pekerja tentunya kita suka lalai dengan keadaan lingkungan sekitar, terutama lingkungan kerja. Kita sering berupaya membuat lingkungan kantor supaya nyaman, dan mengenyampingkan kebersihan dan kesehatan juga perlu diperhatikan. Beberapa langkah kecil dapat kita lakukan untuk membantu untuk menjaga lingkungan kerja di kantor, yaitu :

1.Bike to work

Sebagai negara dengan tingkat polusi ke 3 di dunia, kita bisa membantu menguranginya dengan mencoba mengikuti komunitas “Bike To Work” yang telah eksis selama 10 tahun belakangan ini. Dengan bersepeda ke kantor akan sangat berpengaruh pada penurunan tingkat polusi udara jangka pendek, yang bisa menyebabkan arrhythmia (ritme jantung yang tidak normal) dan penggumpalan darah di paru-paru.

 

2.  Bijak penggunaan kertas

Banyaknya penggunaan kertas akan menambah jumlah pohon yang ditebang. Bijaklah dalam penggunaan kertas. Kemajuan teknologi telah menemukan sistem surat elektronik atau email. Bila tidak terlalu penting, ada baiknya bisa menggunakan recycle paper untuk printing.

 

3. Bijak dalam penggunaan plastik

Bahan plastik adalah bahan yang sangat sulit untuk didaur ulang. Sampah plastik baru dapat terurai 200-1000 tahun kemudian. Bayangkan bila anak cucu kita kelak berselimutkan sampah plastik. Kurangi penggunaan plastik dan styrofoam di lingkungan kantor dan menggantinya dengan penggunan tas kanvas atau semacamnya.Agar hal ini dapat berkurang, kita dapat menguranginya dengan tidak menggunakan kantong plastik bila berbelanja dan bisa menggantinya dengan tas kanvas. Selain itu, bila makan siang sebaiknya menggunakan piring atau bawa kotak makanan sendiri bila beli diluar kantor.

 

4. Mengurangi jumlah pemakaian energi listrik

Era digital saat ini, sulit rasanya untuk jauh dari listrik. Apalagi dengan kecanggihan gadget yang tengah beredar, pastinya menjadi suatu keharusan untuk mempergunakan energi listrik. Tapi tahukah bahwa energi listrik bersumber dari penggunaan bahan bakar minyak dan batu bara? Keadaan minyak dan batu bara dunia sudah diambang krisis akibat dari banyaknya jumlah pemakaian. Hal yang dapat kita lakukan untuk menghemat energi diantaranya adalah, menggunakan lampu hemat energi, menggunakan listrik secara bergantian, bila komputer dan mesin printer tidak digunakan, bisa dicabut listriknya.

 

Marilah menjaga kelestarian lingkungan, demi kita bersama.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s