Jakarta Kota Pekerja

Tidak terasa, Ibukota Jakarta yang kita cintai ini sudah memasuki usia 488 tahun. Bukan lagi usia muda dan juga bukan lagi usia yang pantas untuk menjadi kota yang penuh dengan gejolak negatif. Di usianya kini, Jakarta telah melewati banyak fase, mulai dari Batavia yang masih erat dengan kolonial Belanda (tahun 1969), sampai dengan saat ini, yang lebih dikenal sebagai Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Jakarta selalu menawarkan hingar bingar kemeriahan kota besar megapolitan. Untuk dapat bertahan di kota Jakarta dibutuhkan spesialisasi yang tinggi. Persaingan hidup di Jakarta cukup keras. Banyak pendatang yang mendominasi roda perekonomian di Jakarta, sehingga pertumbuhan populasi Jakarta pun semakin tak terkandali. Seperti dikutip dari BAPPEDA Jakarta, semenjak tahun 2000-2010, angka populasi di Jakarta terus meningkat sampai dengan tahun 2014:

penduduk jakarta

Bisa dilihat bahwa setiap tahunnya laju arus penduduk Jakarta semakin padat saja. Agar dapat bertahan di Jakarta, dibutuhkan skill dan keahlian tersendiri, terutama dalam dunia kerja. Dengan diujinya kreatifitas pekerja Jakarta membuat pertumbuhan Ekonomi di Jakarta selama triwulan pertama di tahun 2015 tumbuh sebesar 5,08% dan pertumbuhan tertinggi adalah dari industri informasi dan komunikasi sebanyak 9,54% (dikutip dari Badan Pusat Statistik Provinsi Jakarta).

Jika dilihat dari angka tersebut, masih ada harapan bagi Anda warga pekerja Jakarta untuk turut serta memajukan perekonomian dengan berkontribusi dalam berbisnis maupun ikut mengembangkan perusahaan tertentu. Jika kita lihat dengan seksama, kota Jakarta adalah salah satu kota besar di dunia yang tidak pernah tidur, terlihat dari aktivitas perdagangan maupun bisnis yang berlangsung selama hampir 24 jam.

Jika Anda ingin mencari peluang kerja di Jakarta, cobalah beberapa jenis usaha dan pekerjaan berikut:

  1. Usaha Catering

Jasa makanan memang tidak pernah mati di makan zaman. Apalagi di daerah perkotaan Jakarta yang selalu haus akan cita rasa makanan baru. Hajatan atau perayaan hari tertentu di Jakarta pasti menggunakan jasa catering.

  1. Jasa Logistik /Kurir /Pengiriman

Dengan tren jual-beli online saat ini, usaha untuk jasa kurir atau pengiriman semakin digandrungi. Salah satunya adalah Pandu Logistic, yang mana omsetnya mencapai 500 milliar rupiah per tahunnya –Dikutip dari SWA.co.id. Kebiasaan warga Jakarta yang gemar membeli barang namun tidak memiliki waktu untuk melakukan pengiriman menjadi peluang bagi pelaku jasa kurir & pengiriman untuk mendapatkan keuntungan. Selain itu ada nama Go-Ojek, yang kini tengah digandrungi, dimana selain jasa mengantar orang, kini juga bisa menjadi kurir dan mengantar barang.

  1. Travel Agent

Banyaknya kebutuhan plesiran dari warga Jakarta, “memaksa” bisnis travel semakin merajalela. Di sudut – sudut kota banyak terlihat jajaran travel agent menawarkan wisata – wisata menarik. Di Jakarta kita juga bisa loh diajak berwisata mengelilingi sejarah kota Jakarta. Salah satunya adalah bergabung dengan Sahabat Museum, yang menyajikan perjalanan historical Jakarta dan sekitarnya. Sehingga Anda bisa lebih mengenal budaya Jakarta.

  1. Marketing

Kalau pekerjaan dan usaha yang satu ini memang sudah berkembang luas. Banyak jajaran perusahaan yang sangat membutuhkan marketing dalam mengenalkan produk dan jasa mereka. Hanya bermodalkan presentasi mulut ke mulut ditambah promosi di social media, membuat marketing perusahaan makin digandrungi di Jakarta, mengingat tempat hang out di Jakarta semakin berkembang dan menjadi ajang pertemuan marketing pada client. Ada  2 tipe marketing, yaitu yang mendapatkan gaji dan bonus, dan adapula yang hanya mendapatkan bonus saja.

  1. Bisnis Properti

Pada dasarnya orang Betawi dikenal dengan sebutan “makelar” atau juragan suatu barang, jasa maupun properti, membuat bisnis perdagangan di Jakarta berjalan cepat. Maka dari warga Betawi-lah warga pendatang coba memperdagangkan apa saja hasil dari kehidupan di Jakarta. Seperti tempat tinggal biasanya milik tuan tanah betawi, akhirnya laju properti pun semakin pesat.  Merambat ke bisnis kontraktor, perumahan dan lainnya dimana nilai investasinya melambung setiap tahun.

Walaupun penuh dengan persaingan kerja yang ketat, Jakarta tetap merupakan kota kebanggaan Indonesia, baik dari segi budaya maupun keramahtamahannya. Dan kita sebagai orang yang bekerja di Jakarta jangan sampai melupakan budaya kota kita tercinta ini, dengan tetap saling menghargai pada satu sama lain.

Selamat Ulang Tahun Kota Jakarta!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s