5 Cara Agar Tetap Semangat Bekerja Saat Puasa

5 Cara Agar Tetap Semangat Bekerja Saat Puasa

Bagi banyak para pekerja, ada kalanya bulan Ramadhan memberikan tantangan tersendiri dalam bekerja. Dan ini termasuk tantangan yang cukup berat, dimana kita diwajibkan untuk menahan diri, terutama dari rasa lapar dan dahaga. Padahal, seperti yang kita semua tahu bahwa makan siang bagi karyawan merupakan ritual wajib yang harus dilakukan untuk menambah energi selama melakukan aktivitas kerja, dan bagi yang tidak mampu mengatasi kondisi tersebut pastinya akan menjadi hambatan dalam menyelesaikan pekerjaannya.

Pada bulan puasa biasanya banyak karyawan yang terlihat lesu, lelah dan tidak bersemangat bekerja. Lalu bagaimana agar kita tetap semangat bekerja selama menjalankan ibadah puasa? Banyak yang beranggapan bahwa dengan menghabiskan waktu tidur siang yang sedikit lebih lama bisa membuat kita mampu menjalankan aktivitas kerja ketika berpuasa. Dikutip dari Republika.co.id, menurut dokter spesialis penyakit dalam Ari Fahrial Syam, dengan kita banyak tidur siang, tubuh malah cenderung lebih lemas dan tak bertenaga. Hal ini disebabkan pada saat kita dalam posisi tidur, tubuh mengirimkan pesan ke otak untuk bermalas-malasan. Sehingga secara psikis tenaga Anda akan terasa berkurang dan Anda akan merasa lebih lemas daripada saat beraktivitas. Berdasarkan filosofi bekerja tersebut, maka dengan tetap melakukan aktivitas dan rutinitas kerja seperti biasanya sangat disarankan pada saat menjalankan puasa.

 

Berikut adalah beberapa tips agar Anda tetap dapat menjalankan kegiatan saat berpuasa. Salah satunya adalah dengan mengatur pola konsumsi makanan pada saat sahur dan berbuka;

  1. Bagi Anda yang sering makan terburu-buru saat berbuka puasa sebaiknya mulai dihindari, karena dengan makan terburu-buru saat buka maupun sahur, Anda akan dihadapkan pada masalah pencernaan. Cukup makan dengan perlahan sehingga kondisi pencernaan Anda dapat lebih terjaga.
  2. Hindari makanan yang banyak mengandung minyak dan kambing, terutama jenis makanan yang mengandung daging merah secara berlebihan. Pada kandungan tersebut akan meningkatkan asam lambung dalam perut Anda sehingga menyebabkan mual dan muntah. Hal ini pastinya akan mengganggu Anda saat bekerja.
  3. Perbanyak jumlah protein saat sahur, seperti Ayam tanpa kulit, telur, susu, ikan, tahu dan semacamnya. Saat melakukan aktivitas kerja, yang paling banyak terserap adalah sumber protein kita, maka harus digantikan segera dengan sumber kandungan protein yang mumpuni.
  4. Minumlah air putih sebanyak mungkin agar Anda terhindar dari dehidrasi, utamanya bagi Anda yang bekerja di lapangan dan sering terkena sinar terik matahari. Setidaknya setiap hari mengkonsumsi 35 ml air saat sahur dan berbuka.
  5. Jus buah saat berbuka menjadi asupan yang akan menambah nutrisi dalam tubuh, yang hilang selama 12 jam. Buah-buahan segar akan memberikan kandungan vitamin yang banyak dan baik bagi stamina tubuh saat bekerja.

 

Selain menjaga makanan, tetap bergerak seperti biasa dan olahraga ringan akan menambah semangat Anda dalam bekerja. Cobalah rengganggkan otot-otot atau streching di sela aktivitas bekerja, atau juga ditambah dengan pijatan kecil di bahu, sehingga melancarkan peredaran darah dalam tubuh Anda. Olahraga jalan juga disarankan agar badan tetap fit, stabil dan bersemangat. Lakukan olahraga di waktu saat akan menjelang buka puasa, sehingga Anda langsung dapat segera melepas dahaga setelahnya.

 

Selamat berpuasa!

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s