Cek Lagi CV Anda, Sudah Adakah Poin-poin Berikut?

Curriculum Vitae

Careernews.web.id – Sekilas membuat CV memang tampak mudah tetapi bukan berarti bisa disepelekan. Anda perlu mempersiapkan CV sesuai dengan job description dan budaya perusahaan. Dengan mempersiapkan CV sebaik-baiknya, Anda juga akan memperbesar peluang untuk diterima di perusahaan idaman

Perusahaan tertentu telah menentukan format CV yang harus diajukan oleh pencari kerja di mana seseorang tinggal mengisikan data pada form yang telah disediakan. Namun ada juga perusahaan yang membebaskan format dan kreasi CV. Terlepas dari format CV yang diinginkan perusahaan, yang terpenting adalah bagaimana mengoptimalkan informasi mengenai potensi Anda di dalam CV tersebut.

Lalu apa saja poin-poin yang tak boleh terlewat atau justru harus disingkirkan dari CV? Berikut tips dan saran dari Sri Muliati Abdullah, M.A., Senior Assessor ECC UGM dan Tiara Caesaringga, associate assessor ECC UGM.

 

1. Jangan lupakan hal-hal pokok
Pengalaman kerja, prestasi, serta kelebihan dan kekuranganmu memang menjadi prioritas untuk ditampilkan dalam CV. Namun jangan lupakan hal-hal pokok yang tak boleh tertinggal, seperti informasi data diri, keterangan tentang pihak yang bisa memberikan rekomedasi, serta deskripsi lainnya dengan kalimat seoriginal mungkin. Jangan lupa untuk menyatakan bahwa data yang Anda tulis adalah benar dan sertakan tanda tangan.

 

2. Batasi riwayat pendidikan
Tak perlu memasukkan riwayat pendidikan sejak TK atau SD. Ingat, makin singkat dan padat sebuah CV, akan lebih baik dan mudah dibaca oleh perekrut. Cukup tampilkan riwayat pendidikan mulai tingkat SMA di mana spesifikasi ilmu yang Anda pelajari mulai terlihat.
Apabila Anda melamar pekerjaan yang mensyaratkan jenjang tertentu padahal Anda menyandang gelar pendidikan yang lebih tinggi, jangan ragu untuk tetap menyertakan informasi tersebut. Strata pendidikan yang lebih tinggi akan membuat Anda dipandang memiliki kapasitas dan bukan tidak mungkin karir Anda akan lebih cepat berkembang. “Misalnya yang dibutuhkan sebenarnya D3. Tapi sebenarnya pelamar sudah S1, cantumkan saja S1-nya. Karena bagi perusahaan, hal tersebut dipandang bermanfaat dan kapasitas yang bisa dikembangkan masih besar,”anjur Tiara.

 

3. Efektifkan informasi pengalaman kerja
Mungkin Anda berpikir bahwa pengalaman kerja yang banyak dan beragam akan membuat perusahaan tertarik dengan Anda. Ternyata, tidak selamanya demikian. Apabila Anda kerap kali hanya bertahan 1-2 tahun dalam satu pekerjaan kemudian berpindah-pindah, perusahaan akan bertanya-tanya dan Anda pun tampak seperti kutu loncat. Solusinya adalah dengan menampilkan informasi pekerjaan yang paling lama Anda jalani. Sertakan juga detail deskripsi kerja dan tanggung jawab Anda.

Satu hal yang juga tak kalah penting adalah pendidikan nonformal di luar bangku kuliah dan pengalaman organisasi. Pengalaman organisasi akan mencerminkan bahwa Anda memiliki kemampuan kepemimpinan, kerja tim, dan adaptasi. Selain itu, pengalaman organisasi juga menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang produktif selama kuliah.

 

4. Berikan alamat dan nomor kontak yang benar-benar bisa dihubungi
Sebisa mungkin tempat tinggal Anda mampu dijangkau oleh pos maupun jasa ekspedisi. Khususkan juga nomor telepon untuk urusan pekerjaan dan jangan mengganti-gantinya. Menurut pengamatan Sri Muliati Abdullah atau akrab disapa Lia, kasus di mana kandidat tidak bisa dihubungi untuk mengikuti tahap berikutnya masih terjadi dan tentu saja amat disayangkan. Lebih lanjut, Lia mengimbau agar jobseeker membuat alamat e-mail yang formal dan menunjukkan profesionalitas. “Identitas e-mail bisa mencerminkan pribadi. Buatlah e-mail yang sesuai dengan nama asli, bukan alias atau panggilan yang mungkin jauh dari nama sebenarnya,” terang Lia.

 

Cek lagi CV Anda. Jangan sampai kesempatan untuk bekerja di perusahaan impian melayang hanya karena hal sepele tetapi sebenarnya penting. Good luck! [CN]

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s