5 Kiat Lolos Masa Percobaan Kerja

Senang rasanya bukan bila Anda telah diterima kerja di perusahaan yang Anda inginkan? Namun ada satu lagi ujian yang harus Anda hadapi: masa percobaan!

Jadi, untuk Anda yang saat ini baru saja memasuki dunia kerja, tunda dulu perayaan kebahagiaan yang berlebihan karena ujian belum berakhir. Sejumlah perusahaan akan menerapkan masa percobaan (probation) untuk melihat kinerja Anda secara langsung.

Lalu bagaimana cara untuk menarik hati perusahaan agar menerima Anda sepenuhnya? Berikut beberapa tips dari Kammagama Harismina, associate trainer ECC UGM!

Probation2

 

  1. Mengenali perusahaan tempat Anda bekerja

Cari tahu bagaimana tipe karyawan yang dicari oleh perusahaan tempat Anda bekerja, sehingga Anda bisa segera menyesuaikan diri. “Setiap perusahaan pasti memiliki standar masing-masing untuk klasifikasi karyawan yang diinginkan. Jadi sebisa mungkin pelajari dan kenali perusahaan tempatmu bekerja,” tutur Kammagama.

 

  1. Jangan takut menerima proyek

Beberapa perusahaan akan langsung memberikan proyek kepada karyawan baru. Inilah saatnya Anda untuk menunjukkan performa terbaik, bahwa Anda mampu mengerjakan proyek yang ditugaskan. Kerjakan dan presentasikan proyek dengan sebaik mungkin sehingga perusahaan tertarik dengan kualitas kerja Anda.

 

  1. Do your best!

Sebagai penilaian, perusahaan akan melihat kompetensi dan kinerja karyawan baru. Lakukan pekerjaan sebaik mungkin. Apabila berhubungan dengan user, utamakan kepuasan user yang bekerja langsung dengan Anda. Kecocokan user dengan kinerja karyawan akan menjadi perhatian perusahaan.

 

  1. Coba hal baru

Pada umumnya, karyawan baru cenderung menurut dengan kondisi kerja yang sudah ada. Padahal Anda tak dilarang untuk berinovasi dan menyampaikan ide-ide baru. Jangan takut juga untuk menerima tantangan.

 

  1. Hindari kata ‘tidak’

Sekali lagi, menjadi karyawan baru adalah saat yang tepat untuk menunjukkan kinerja Anda. Bila suatu waktu atasan memberi pekerjaan yang tidak Anda kuasai, jangan langsung menolak. Mau belajar adalah sikap yang dicari perusahaan dari karyawannya.

 

Jangan sia-siakan perjuangan Anda dalam mendapatkan pekerjaan. Semoga lolos masa percobaan dan segera meniti jenjang karir dengan sukses.

 

Written by Careernews

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s