5 Langkah Maksimalkan Media Sosial untuk Gapai Karir Impianmu

Careernews.id – Hampir semua orang kini memiliki akun media sosial. Selain untuk senang-senang dan berinteraksi dengan teman, media sosial juga bisa membantu Anda mendapatkan pekerjaan, lho!

Berdasarkan polling yang dilakukan ECC UGM, ada beberapa situs media sosial yang paling banyak digunakan oleh jobseeker untuk mencari lowongan kerja –Yang mana menurut data yang didapat, pencarian kerja melalui situs LinkedIn mencapai 45%, diikuti Facebook dan Twitter.

Social-Recruitment-The-War-for-Talent-John-Antonios

 

Bagaimana bisa media sosial membantu kita mendapatkan pekerjaan? Tentu bisa. Di era modern seperti sekarang ini, dampak dan pengaruh internet terhadap dunia kerja memang sangat terasa. Tidak jarang perekrut atau perusahaan coba untuk ‘mengintip’ atau mencari kandidat melalui akun media sosial untuk mengetahui kepribadian dari para kandidatnya. Buat tampilan akun media sosial Anda menjadi lebih menarik dengan mengikuti beberap tips dari Dian Anggraini, S.Psi., perekrut RSM AAJ Associates berikut!

 

  1. Buat profil yang relevan

Buatlah profil yang singkat, jelas, sekaligus menarik. Cantumkan sejarah pekerjaan dan apa saja yang pernah Anda lakukan. Hindari informasi yang berlebihan dengan menuliskan pekerjaan yang belum pernah Anda lakukan. Khusus untuk akun LinkedIn perhatikan bagian summary dan experience. Tulis summary dengan singkat dan jelas.

 

  1. Optimalkan networking

Buat diri Anda selalu terkoneksi dengan para profesional. Anda bisa memilih berbagai grup yang ada di situs media sosial (LinkedIn) Anda, sesuai dengan apa yang Anda minati dan cobalah untuk menjadi member aktif di dalam grup Anda tersebut. Tunjukkan sisi menarik diri Anda dengan mem-posting artikel-artikel menarik dan bermanfaat. Ikuti juga komunitas atau forum di akun Facebook dan Kaskus Anda untuk mengetahui informasi terbaru seputar karir atau lowongan kerja.

 

  1. Tetap terhubung (ter-connect) dengan perusahaan

Tetaplah terhubung dengan perusahaan untuk mengetahui informasi terbaru, termasuk lowongan kerja. Dengan mengikuti akun resmi perusahaan di media sosial, Anda juga bisa mengetahui lebih jauh mengenai profil, budaya dan latar belakang yang diusung oleh perusahaan tersebut.

 

  1. Hindari bertanya langsung

Sebaiknya jangan langsung bertanya kepada relasi Anda mengenai lowongan kerja yang Anda perlukan. Lebih baik tunjukkan saja sisi terbaik diri Anda melalui media sosial dengan membagikan artikel bermanfaat dan memperbaiki profil. Biarkan relasi dan perekrut tahu bahwa Anda adalah orang yang cerdas dan memiliki semangat positif melalui akun media sosial Anda.

 

  1. Manfaatkan fitur ‘search’

Jangan remehkan fitur search yang ada dalam setiap halaman akun media sosial. Manfaatkan fitur tersebut untuk mencari perusahaan atau posisi kerja yang Anda inginkan. Perusahaan pun melakukan hal yang sama ketika mencari calon potensial. Jadi, jangan lupa untuk mencantumkan kata kunci (Keyword) spesifik mengenai keterampilan dan posisi yang Anda inginkan.

 

Siapa bilang ‘bermain’ media sosial adalah perilaku yang tidak produktif? Buktikan Anda mampu meraih kesuksesan karir lewat media sosial

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s