Tips Negoisasi Gaji Saat Wawancara

Negoisasi gaji merupakan langkah penting untuk kamu yang baru saja lulus dari tahapan wawancara tahap pertama, negoisasi gaji juga merupakan salah satu syarat apakah kamu memenuhi kriteria perusahaan dari segi keahlian dan dana yang disediakan perusahaan untuk mempekerjakan kamu.

Namun, negoisasi gaji tidak bisa sembarang asal menembak gaji yang kamu inginkan, kamu harus melihat dari sisi perusahaan juga, karena tidak sedikit yang akhirnya memutuskan untuk tidak bergabung dengan perusahaan tersebut karena kendala gaji yang disepakati tidak sesuai.

Hal apa sajakah yang harus diperhatikan ketika kamu memulai negoisasi gaji?

Pertama, kamu harus menghitung dana perjalanan dari tempat tinggal kamu menuju ke kantor, apakah menutup dengan gaji yang kamu dapat?

Kedua, keahlian kamu, tentunya kamu punya standar tersendiri mengenai harga kemampuan kamu, begitupun perusahaan, mereka juga mempunyai standar mereka sendiri untuk calon karyawan yang ingin mereka pekerjakan.

Ketiga, adakah peningkatan dari gaji sebelumnya? Tentunya semua orang menginginkan peningkatan pendapatan dari perusahaan mereka yang sebelumnya, tapi kamu juga harus memperhitungkan peningkatan gaji tersebut, jangan terlalu besar tapi jangan juga lebih rendah dari gaji yang sebelumnya.

Keempat, jelaskan pada perusahaan kenapa kamu meminta jumlah gaji tersebut, jelaskan secara garis besar dan tidak bertele-tele kebutuhan untuk mendukung kinerja kamu, tanyakan juga mengenai hal-hal diluar gaji seperti asuransi kesehatan atau jaminan yang lainnya.

Gaji merupakan faktor terpenting mengapa orang mencari kerja, selain tentu saja keahlian yang kamu jual kepada perusahaan, tapi jika dari segi gaji saja kamu sudah merasa puas, maka hal kedua yang perusahaan dapatkan dari kamu adalah loyalitas atau kesetiaan kamu, sudah banyak kasus yang terjadi bahwa karyawan mengajukan berhenti karena alasan gaji yang tidak sesuai.

Usahakan saat negoisasi gaji kamu berpikir dengan matang dan jauh kedepan, jangan sampai kamu sudah menyetujui gaji yang ditawarkan oleh perusahaan namun di hari-hari mendatang kamu merasa kecewa, padahal, gaji yang kamu dapatkan merupakan hasil dari negoisasi (persetujuan) kamu dan perusahaan juga, bukan?

Jadi, ada baiknya kamu memikirkan secara detail keahlian dan dana-dana lainnya yang akan menunjang kinerja kamu di perusahaan tersebut sebelum kamu menyebutkan gaji yang diinginkan, jangan sampai perusahaan atau bahkan kamu sendiri merasa tidak sesuai dengan gaji yang diajukan, good luck!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s